Pelanggan kancut

Tuesday, April 10, 2012

KANCUT LAGI BENER.

Melihat jarangnya gue update blog, sepertinya eksistensi gue di dunia perblogan sudah mulai dipertanyakan. Dan secara gak langsung tingkat kegaulan gue juga dipertanyakan. Untuk itu, gue mempunyai alasan yang tepat kenapa gue udah jarang update blog. Alasan satu-satunya yang paling tepat untuk mewakilkan semua itu adalah, TWITER.

Semenjak adanya social media yang satu itu, gue jadi agak gak punya waktu buat ngupdate blog (baca: MALES). Ya, betul sekali. Semua perspektif gue sehari-hari secara penuh gue tumpahkan ke twiter. Ibarat nemu pacar baru, pacar yang lama gue tinggalin.. 

Yang jadi permasalahan sekarang adalah, gue gak punya pacar. #mengheningkancipta.

Ok, mari kita gak usah ngebahas tentang kenapa gue udah jarang update blog. Karena sekarang ada masalah yang lebih penting daripada gak updatenya blog gue. (mudah-mudahan pada gak sadar gue mau ngalihin topik). Masalah yang pengen gue bahas sekarang adalah Naiknya Harga BBM!

#NowPlaying – Umar Bakri, Iwan Fals –

Seperti yang kita ketahui, naiknya harga BBM telah membuat rakyat Indonesia gelisah. Demo dimana-mana sampe  ngerusak fasilitas publik. Dan tiba-tiba BBM-nya ditunda gak jadi naek. Ini sama aja kaya udah cape-cape pedekate, udah keluar duit banyak buat nraktir segala macem, tapi tiba-tiba pas udah nembak malah di jawab “Sory, gue ga suka sama elo…”

Nyesek..

Menurut pengamatan gue, kenapa banyak yang protes akan kenaikan BBM adalah, karena jumlah pengangguran tidak berbanding lurus dengan harga kenaikan BBM. Jadi daya beli masyarakat yang tadinya empot-empotan, sekarang menjadi empot-empotan-banget-kampret!!. Terus, kenapa banyak pengangguran? Apa karena tidak ada lapangan pekerjaan? Atau dari segi manusianya itu sendiri yang tidak kompeten atau terlalu milih-milih pekerjaan? Yang jelas, demo juga merupakan pekerjaan.. Pekerjaan bagi pengangguran yang gak punya kerjaan.

Klo gue ngerasa sih bukannya ga ada lapangan pekerjaan. Banyak kok lowongan klo kita mau cari dan gak pilih-pilih dalam nyari kerjaan. Yang gak percaya sama gak ada kerjaan, berarti orang itu gak percaya klo Tuhan ngasih rejeki. Jadi siapa yang salah klo kita ga dapet kerjaan? Ya diri kita sendiri.

Terus solusinya gimana cut? Jangan ngemeng aje lo!!

Selaw bray.. Ditulisan ini sebisa mungkin gue ngasih pencerahan ke elo-elo yang belom dapet kerjaan. Karena pengangguran adalah pegawai yang tertunda..

Ok, jadi dari pandangan gue diatas, gue lebih setuju klo banyaknya pengangguran itu lebih dikarenakan oleh faktor manusia itu sendiri yang tidak kompeten, males-malesan, atau banyak milih-milih kerjaan yang sesusai sama yang kita mau. Ibarat kaya nyari pacar. Elo mau nyari yang sempurna dengan kriteria elo. Yaa gak bakal nemu lah! Karena kesempurnaan pasangan itu sesungguhnya terletak di dalam diri elo sendiri yang menyempurnakannya (anjirrr!! Keren banget bahasa gue!!! *Brb ngambil wudhu*)

Solusi pertama dalam mendapatkan pekerjaan adalah.. Yaa cari kerjaan. #antiklimaks

Yang bisa buka internet, mungkin elo bisa buka situs-situs yang nawarin lowongan kerjaan. Kaya jobsdb.com, Jobstreet.com, carier.com. dll.. Yang terbatas akses di internet, lo bisa liat iklan-iklan lowongan dikoran.

Sekedar sharing, waktu gue masih jadi pengangguran, sehari gue ngirim 20 CV (Curiculum Vitae)/Lamaran pekerjaan sedikitnya ke 20 perusahaan. Dan itu semua gue kirim secara random. Alias gue gak milih-milih perusahaan. Intinya gue mau kerja dan dapet duit sendiri. Dan Alhamdulillah, gue keteteran interview saking banyaknya panggilan dari CV yang gue kirim. But its ok. Secara gak langsung gue sudah berkenalan dengan orang baru dan mengasah bakat gue dalam interview.

Saking seringnya gue interview, seandainya kalo interview itu digaji, mungkin sekarang gue udah punya pesawat pribadi buat belanja baju ke tanah abang. Dan disinilah gue menemukan pencerahan itu. Bagi gue interview itu adalah faktor yang sangat krusial dalam mencari pekerjaan. Klo interview elo bagus, 99,99% elo pasti keterima kerja. Begitupun sebaliknya.

Maka dari itu. Disini gue bakal ngasih sedikit tips buat elo pas sudah memasuki tahap-tahap interview.

Secara sadar atau tidak. Gue sudah mengalihkan perhatian elo semua dari topik BBM yang belom kelar dibahas..

OK, Kita langsung aja.

Tips pertama: PENAMPILAN.

100% orang jatuh cinta pada pandangan pertama. Dan ‘pandangan’ itu teridiri dari banyak faktor. Tapi disini gue mau ngebahas penampilan. Karena sebagian besar orang-orang menilai seseorang itu dari penampilannya.
Saat interview tiba, pakailah pakaian yang sopan. Seperti setelan kemeja, celana bahan, sepatu pantofel. Usahakan berpenampilan serapih mungkin. Dan jangan sampai ketinggalan, minyak wangi dan deodorant. Jika penampilan sudah meyakinkan, maka aura yang ditimbulkan akan meyakinkan sang peng-interview bahwa elo cocok untuk bekerja di perusahaannya.

Bener banget.

SALAH ABIS!!

Tips Kedua: ATTITUDE.

Jagalah sikap saat interview. Jawablah pertanyaan yang diajukan dengan penuh lemah lembut dan berkharisma. Lemparkan senyuman. Buatlah suasana menjadi cair. Selalu adakan kontak mata saat sedang berdialog denga sang penanya. Dengan bersikap seperti itu, suasana interview akan lebih terasa seperti bertukar pikiran. Bukan Tanya jawab.

"Sory.. Boleh minta pin BB?"

Note: Hindari mengajak bermain gaplek saat interview sedang berlangsung. Lo kate lagi ngeronda!!

Suram......

Tips Ketiga: BELAJAR.

Cobalah membaca kembali pelajaran-pelajaran yang pernah dipelajari. Karena walaupun belum berpengalaman, setidaknya kita sudah mengerti secara teori apa yang akan kita kerjakan nanti. Dan itu lebih baik daripada tidak mengerti sama sekali.

"Nenennya lucu.. kaya nenen Mamah.."
Note: Hindari menjawab “emang mau tau banget banget banget eaaa???” saat kebingungan.

Tips Keempat: BERDOA.

Klo semua tips sudah dijalani. Sisanya kita tinggal berdoa. Karena tiada daya upaya yang bisa terkabulkan tanpa kehendak Allah SWT.

"Ya Allah.. Kabulkan doaku Ya Allah..."

Inti dari tulisan ini adalah.. janganlah jadi manusia yang selalu menuntut. Jadilah manusia yang selalu memberi. Karena sebaik baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia yang lain.

Selamat mencoba yaa!! Gud Luck!!

SALAM DAMAI


KANCUT SOBEK!!

Image From: google.com 

7 comments:

  1. pos yang tumben bener ini mesti kudu dikomen sebelum basi...
    intinya lu emang jago hipnotis cut,gua selalu dibuat ga sadar,,,apa gua nya yang lemot?entahlah tapi pasti karena gua lemot..*trus kenapa

    ReplyDelete
  2. Wkwkkwkwk makasih lho bang kancut.
    InsyaAllah, 5 tahun lagi dipake tips2 nya..

    ReplyDelete
  3. wkwkwkwk ... anak bayinya lucu bener , pengen cubit2 deh #SalahFokus :p

    ReplyDelete
  4. ihh.. hebat jg lo cut..sallam kenal!

    ReplyDelete
  5. kunjungan gan .,.
    Belajarlah untuk bisa menerima sesuatu yang baru.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    ReplyDelete
  6. aku udah baca bukumu tuntas dalam waktu satu hari, berhasil mengalihkan perhatianku dari buku2 bahan ujian dan timbul niat jahat untuk berhenti belajar...hahahaha,,,, sebenernya aku mau bilang aku jadi fans barumu tapi gak jadi nanti kamu jadi geer gila,,

    ReplyDelete