Pelanggan kancut

Tuesday, December 13, 2016

10 days quit smoking. just vaping.

Assalamualaikum.

Beberapa waktu yang lalu gue sempet nulis tentang kekurangan dan kelebihan vaping. yang mau baca-baca bisa klik disini. Semenjak dari situ, perlahan tapi pasti, intensitas merokok gue mulai berkurang. dari yang tadinya 2 bungkus sehari berangsur jadi 3 batang perhari. Dan sekarang??? Gue udah 10 hari ga ngerokok. Yeay!! 

Ga total berenti sih sebenernya. Gue masih tetep nge-vape sebagai gantinya rokok. Tapi seenggaknya gue telah berhasil merubah kebiasaan gue yang ketergantungan sama rokok. Dulu klo abis makan hukumnya wajib buat ngerokok. Sekarang udah ngga. Begitupun dengan pup. Kamar mandi adalah tempat gue paling banyak ngabisin waktu sambil ngerokok. Klo orang banyak bilang tua di jalan karena macet. Klo gue, tua di jamban karena saking lamanya di toilet. Penyebabnya ya itu tadi. Nongkrong sambil ngerokok.

Walaupun baru cuma 10 hari. Perubahan-perubahan banyak terjadi sama tubuh gue. Nggak, gue gak berubah jadi cewe. Yang paling menonjol itu nafsu makan. Gue bukan tipe yang klo makan kaya 'ini hari terakhir gue di muka bumi' gitu. Makan gue dikit. Dari berat badan aja gue sukses bertahan di 60kg. Ga pernah lebih. Malah beberapa bulan kemaren berat gue turun jadi 58kg. Dengan tinggi badan 179cm. Klo dikasih topi jerami terus diri disawah. Mungkin dari jauh gue keliatan kaya orang-orangan sawah gak punya temen. Huft....

Tapi setelah gue berenti ngerokok, nafsu makan gue sekarang agak kurang wajar. Bawaan gue mau ngunyah terus. Dan ini berdampak buruk sama tingkat elastisitas dompet gue. Klo awal bulan susah ditekuk (baca: kebanyakan duit.). Mendekati pertengahan bulan, dompet gue mulai bisa yoga. Bisa ditekuk kesana kemari. Semua itu karena gue agak kelewatan jajan. Yah abis mau gimana lagi. Namanya laper. Masa mau ditahan. Ya ga?. 

Perubahan berikutnya itu nafas gue jadi agak enakan. Sebelumnya, klo tiap bangun tidur dada gue agak nyesek. Sekarang udah ngga. Jadi sekarang klo bangun tidur gue agak segeran. Kaya iklan pembalut gitu. Klo dibayangin, gue bangun tidur kaya di iklan pembalut emang agak najis sih...

Overall, Nge-vape ngebawa dampak positif bagi gue ketimbang ngerokok. Yang jelas klo dibilang bisa lepas dari rokok. Yap, gue bisa lepas dari rokok karena ngevape ini. Dan itu lumayan bikin gue seneng karena memang susah banget lepas dari rokok. Sama kaya susahnya ngelupain mantan gitu. Butuh lebih dari sekedar niat buat berenti. Dengan ngevape, rokok yang gue rasain sekarang berasa pait dan aneh. Jadi tambah males buat ngerokok.

FYI, tulisan ini bukan untuk promo vaping atau sejenisnya. Tapi ini emang totally pengalaman yang gue rasain setelah ngevape. Gue pengen berenti ngerokok, dan dengan ngevape ini cukup membantu ngasih sugest ke gue buat berenti ngerokok secara berangsur-angsur. Walaupun dasarnya harus ada niat dan tekad yang kuat buat berenti ngerokok. 

So, buat yang mau berenti ngerokok. Mungkin bisa coba alternatif ini. Ntar klo udah nyoba, share pengalamannya di kolom komentar yak.

Chiao!!

No comments:

Post a Comment