Pelanggan kancut

Sunday, May 15, 2011

Cuci Otak.

Sekarang gw sedikit mau ngebahas permasalahan yang masih anget-angetnya diberita. Yaitu tentang, CUCI OTAK. Atau bahasa bulenya Brainwash. Yang dimana klo gw perhatiin di tipi-tipi itu sering digunakan buat tindakan-tindakan yang negative. Seperti bom bunuh diri, aliran agama yang sesat, Dll. Yang efeknya itu cuman bikin malu nama bangsa sendiri. NAJIS!!.

Entah kenapa gw agak aneh aja gitu dengan kasus yang satu ini. Masa sih orang bisa di cuci otak? Masa sih orang bisa disuruh ngelakuin bom bunuh diri? Masa sih orang bisa menganggap dirinya nabi? Dan masih banyak 'masa sih?' yang berkeliaran di otak gw. Tapi sebagian besar itulah pertanyaan-pertanyaan yang ada diotak gw pas pertama kali gw denger tentang cuci otak ini.

Akhirnya gw mencari-cari informasi tentang cuci otak ini. Dibeberapa artikel yang gw baca, salah satunya itu gw dapet dari vivanews.com. Dijelasin disitu bahwa orang yang bisa terkena cuci otak itu adalah orang yang memiliki kepribadian yang labil dan rentan mengalami gangguan jiwa. Gw ga tau ababil itu masuk itungan apa nggak. Yang pasti gw setuju kalo dibilang rentan mengalami gangguan jiwa.

Terlepas dari situ, Gw pribadi mempunyai pemikiran tersendiri kenapa orang bisa di cuci otak. Mau tau? Ini dia..


Ekonomi.

Yups, Setiap gw perhatiin berita, pasti orang yang kena cuci otak dan berefek sampe melakukan bom bunuh diri itu dari kalangan ekonomi menengah kebawah. Ga ada tuh gw denger beritanya "Cucunya SBY melakukan bom bunuh diri" Atau "Keponakannya Bakrie melakukan bom bunuh diri dengan mengikatkan bom di bulu hidungnya". Entah mungkin orang yang melakukan itu udah bener-bener bosen sama hidupnya atau mungkin di iming-iming uang yang besar untuk keluarganya selepas dia berhasil melakukan misinya. Yang pasti, cuci otak ini dilakukan oleh orang-orang yang bertaraf ekonomi rendah.

Pemahaman yang salah.

Entah kenapa yah? Gw ngerasa, kayanya inilah penyebab utama dari adanya bom bunuh diri, aliran agama sesat, Dll. Mereka salah menafsirkan sesuatu dari apa yang mereka serap. Kaya misalkan yang melakukan bom bunuh diri. Biasanya itu ada embel-embel 'mati sahid' dibelakangnya. What? Mati sahid? MATI SAHID PALA LO EMPAT!! Ga usah pake penafsiran yang tinggi-tinggi deh. Dari namanya aja udah keliatan, klo aksi ini bakal masuk neraka paling bawah sampe digali lagi tuh neraka biar tambah ngenes. Bom BUNUH DIRI. Yang namanya BUNUH DIRI ga ada yang masuk surga, norak!! Klo bunuh diri masuk surga, gw udah dari kemaren-kemaren bunuh diri.

Satu lagi contoh buat aliran agama sesat. Kaya contohnya Ahmad musadeq yang menganggap dirinya itu Nabi. Ya Allah, Please deh yaa. Tau gak yang spesial dari para nabi itu apa? Mereka punya mukjizat coy. Lah ini? ngangkat tipi aja masih keringetan. Gw juga ga tau doi dapet pemahaman dari mana. Yang pasti ini membuktikan klo doi udah SALAH BESAR dalam menafsirkan sesuatu. Dan udah dibisikan sesuatu yang menurut logikanya itu bener.

Terus solusinya gimana cut menurut lo?

Solusinya itu:

Pertama: Tau gak yang paling berharga didunia itu apa? Yak, bener banget. jawabannya itu ILMU. Itulah kunci keberhasilan dalam hal apapun. Lo mesti nguasain ilmunya. Karena prinsipnya - ambil contoh buat perekonomian - dimana-mana uang pasti mengikut sama ilmu. Ga ada tuh ilmu yang mengikut sama uang. So, klo lo mengalami kekurangan ekonomi dalam hidup lo, coba deh koreksi diri. Ilmu lo udah cukup yoi belon buat dibayar mahal?. Jangan cuman meratap aja coy!!


Kedua: Banyak bergaul dengan orang-orang yang bisa memberi manfaat. Memberi manfaat disini bukan berarti lo jadi benalu buat temen-temen lo loh yaa.. Manfaat disini maksudnya lo bisa saling bertukar ilmu yang positif. Dan bisa kasih masukan kalo lo lagi ada masalah. Jadi klo ada hasutan negatif dari luar, temen-temen lo bakal bisa ngebantu lo nantinya.


Ketiga: Buat yang salah pemahaman masalah agama, carilah orang yang benar-benar mengerti masalah agama. Karena belajar agama itu perlu guru. Karena pemahaman akan suatu kata-kata dalam Al-quran (buat yang muslim) itu butuh ilmu yang tinggi. Dan gak cuman bermodalkan logika aja. Bagi orang-orang yang awam, jangan pernah sekali-sekali menafsirkan arti ayat-ayat Al-quran itu dengan logika lo sendiri. Lebih baik datang ke orang-orang alim terdekat dan tanyakan/mintalah penjelasan darinya. 


Keempat: Jauhi orang-orang yang sekiranya menunjukan gerak-gerik yang aneh. Seperti makan gorengan sambil kayang, Cebok pake kaki, Ngupil pake gerinda, Dan hal-hal aneh lainnya. Karena sudah bisa dipastikan kalo orang itu mengalami kelainan jiwa. Hehehe.. Intermezo dikit coy. Yaa gw rasa lo gak bego-bego amat lah buat bedain orang yang aneh sama nggak. Ya kan?. So, klo menurut lo aneh, yaa jangan dideketin. Klo menurut lo kece, yaa jadiin aja. (halah, apa sih?!)


Kelima: Patuhi perintah agama. Klo lo ngikutin perintah agama, gw yakin hidup lo bakalan selamet dunia akherat. Soalnya setiap agama ga ada yang ngajarin kesesatan. Yaa, jujur gw juga belom bener banget jadi manusia. Gw juga pernah ngelanggar perintah agama ko. Tapi yang namanya manusia kan emang tempatnya salah #ngelestingkatpramuka. Seenggaknya kesalahan yang gw lakuin gak sampe ngebuat gw harus ngelakuin bom bunuh diri. Dan yang pasti, selama pintu tobat masih dibuka kita masih bisa minta ampun ko sama kesalahan kita. Karena Allah maha pengampun lagi maha penyayang.  :)


So, segitu aja ceramah gw kali ini. Semoga dengan membaca postingan gw ini otak lo pada kecuci semua. Kecuci dengan sesuatu yang positif pastinya. :)
Klo ada yang mau nambahin mungkin bisa tulis di kolom komentar. Gw cuman berharap kita bisa saling mengasihi satu sama lain. :)

HIDUP INDONESIA!!

JAYA TERUS INDONESIAKU!!

TURUNKAN HARGA IPHONE FOUR!! PLEASE!!


Salam, KANCUT SOBEK!!




4 comments:

  1. setuju gw, emang kembali lagi kudu harus banyak belajar dan mendekatkan diri pada Yang Mahatahu.
    seleksi temen juga perlu tuh

    ReplyDelete
  2. yeahhhh... turunkan harga Iphone4 menjadi 500 ribu !!!

    :o:

    ReplyDelete
  3. setuju bgt dgn solusi pertama, mmg pendidikan itu penting bgt!
    tp klo solusi ketiga tuh perlu pilah pilih jg Raja, soalnya tau sendiri kan... ga semua org yg kelihatan alim itu bisa ngasi pencerahan. byk jg yg menafsirkan firman Tuhan bulat-bulat n ujung2nya jd tersesat sendiri.

    ya mdh2an aja byk yg jd makin sadar n mawas diri. mudah2an aja ga byk lg kejadian ginian.

    ReplyDelete
  4. @Fiction: Yups, pilih temen yang banyak ilmunya. Karena pasti banyak duitnya. :e:

    @Ayex: Keliatan amat kerenya Yex.. AHAHAHAHA.. :v:

    @Ika: Yups. Sebenernya mau gw jabarin soal yang itu, tapi itu penjabarannya panjang banget. Takut yang baca jadi males. Thanks masukannya. :i:

    ReplyDelete