Pelanggan kancut

Saturday, May 14, 2011

(Sok ngasih) Tips menulis komedi.. Lucu.. Jayus.. SEMUANYA!!

Baiklah, sesuai janji gw waktu ngasih solusi di CUTCOL. sekarang gw mau ngasih tips tentang tulis menulis. Lebih spesifiknya itu menulis komedi. Kenapa dijudulnya gw kasih tanda kurung 'sok ngasih'? Karena, jujur aja sebenernya gw belom sampe ke level dimana gw harus ngasih sebuah tips buat tulis menulis. Gw juga sebenernya masih belajar. Tapi, alhamdulillah dan makasih banget klo tulisan gw dibilang lucu. Dan kebetulan juga ada yang minta.

Sebelumnya gw mau cerita sedikit asal muasal kenapa tulisan gw lebih 'berbau' komedi.
Awalnya ketika gw SD. Gw nemuin agenda harian bokap gw yang isinya catatan harian doi sehari-hari. Dari situ diem-diem gw mulai tertarik buat mengikuti jejak Bokap buat nulis keseharian gw dibuku diary. Dibuku diary itu gw curahin semua isi hati gw. Dari yang suka sama temen sekelas, ngisengin temen, pokonya anything about my life. Yang klo diliat sekarang mungkin gw keliatan kaya anak kecil yang dikucilin sama temennya karena punya kelainan jiwa.

Masuk SMP gw ga pernah nulis sama sekali. Karena temen-temen gw bilang klo cowo nulis diary itu culun. Dan gw kemakan omongan temen gw itu. Itulah kenapa gw ga begitu inget masa-masa SMP gw, dan disatu sisi ngejelasin bahwa ingetan gw emang lemah. *ngunyah kaca*

Masuk SMA gw mulai lagi nulis diary lagi. Disinilah tanpa gw sadari tulisan gw mulai berbau komedi. Ada salah satu tulisan di diary gw bilang 'Tadi siang gw ngeliat cewe SMA pake baju ketat banget! mending klo toketnya gede. Lah ini?! kaya panci dilindes bajay' Entah kenapa gw nulis kaya gitu? yang jelas klo gw baca sekarang, Keliatan banget otak gw itu mesum abis.

Waktu itu tujuan gw nulis diary cuman satu 'Gw ga mau ngebuang sejarah hidup gw, Karena pas udah mati gw ga bakalan bisa nulis diary lagi' Ya, cuman sesimple itu. Sempet kepikiran buat mamerin tulisan gw ke temen-temen, namun gw batalin niat itu. Selain takut dicap culun, Gw takut temen-temen gw beranggapan klo gw adalah abege psycho yang terobsesi sama buku diary buat dijadiin pacarnya. Akhirnya, gw simpen diary gw buat konsumsi gw sendiri.

Waktu terus berjalan. Sampe akhirnya gw ketemu buku yang ngebangkitin nyali gw buat nunjukin tulisan gw kesemua orang. Buku itu adalah 'kambing jantan' Raditya Dika. Yaps, buku itu seolah ngejedotin pala gw ketembok dan bikin gw tersadar, bahwa tulisan diary itu juga merupakan sebuah karya. Dan sebuah karya itu patut di 'hargai'. Yang bikin gw lebih tertarik lagi sama Raditya Dika waktu itu adalah, tulisannya 'ngena' banget di gw. Sama banget kaya curhatan di diary gw. Cuman satu perbedaannya. Raditya Dika lebih bernyali buat mamerin kegokilannya. Sedangkan gw, nggak. So, dari situlah awalnya gw mulai mamerin tulisan gw di blog kancut sobek yang dulu adanya di Friendster.

Itulah sepengggal kisah awal mula gw nulis. Dan cerita gw barusan NGGA ADA HUBUNGANNYA sama tips yang bakal gw kasih berikut ini. Cuman biar keliatan panjang aja. MOAHAHAHAHA. *ngemut bangku*

Okeh langsung aja. Tips menulis komedi Kancut Sobek itu adalah:

1. Banyak membaca, menonton, meneliti tulisan komedi.

Kebiasaan gw klo baca buku komedi itu adalah, gw baca dulu sampe ketemu hal yang ngebuat gw ketawa. Nyampe poin itu, gw berenti sebentar. Terus gw perhatiin kira-kira apa yang ngebuat gw sampe ketawa. Situasinya kah? Diksinya kah? Dll. Udah ketemu poin yang gw cari, baru deh gw lanjut baca lagi. Dengan memanfaatkan poin itu, nantinya bakal bisa gw praktekin ditulisan gw sendiri. Begitu juga dengan menonton film komedi. Sekarang ini gw lagi sering nonton Video Ventriloquist komedinya Jeff Dunham. Mungkin lo bisa tonton juga dan ambil pelajaran dari situ.

2. Jokes yang tepat dan diwaktu yang tepat.

Klo gw pribadi nih yaa, gw nulis alur ceritanya dulu. Setelah selesai, baru deh gw masukin komedi yang kira-kira ngepas sama alur ceritanya.
Contoh: (Tulisan ini gw ambil dari tulisan gw yang mau dijadiin buku dan belom pernah gw posting di blog ini)

"Mbel... Maafin aku" dengan tangisnya yang udah ga bisa dia tahan lagi. Lagi dan lagi dengan tololnya gw jawab "Iya..". Seolah kata 'iya' bisa mengembalikan keadaan hati gw yang dari tadi mau teriak "LO ITU MONYET BANGET!!!" Tapi tetep yang keucap hanya kata "iya". Keadaan sekarang agak sedikit berubah. Dia nangis. Gw diem. Untungnya gw ga kejang-kejang.

Tulisan yang gw merahin itu merupakan situasinya. Dan tulisan yang birunya itu merupakan Jokesnya. Dari tulisan yang gw merahin itu aja udah keliatan situasinya lagi kaya gimana. Dan tulisan yang birunya itu adalah 'peluru' yang bikin jadi ketawa. Jadi dengan satu jokes aja itu udah cukup ko buat bikin lucu. Gak perlu terlalu banyak. Nanti malah ga jelas yang mau disampein itu apa.

3. Lo ketawa yang lain juga ketawa.

Menurut pengalaman pribadi gw, disaat lo nulis jokes yang bikin lo sendiri ketawa, pasti yang baca nantinya bakal ketawa juga. Entah kenapa? gw juga ga tau.

4. Pentingnya tanda baca. 

Kelemahan pertama gw waktu awal-awal nulis itu adalah, gw kurang ngerti sama tanda baca. Sehingga cerita yang gw sampein itu ga jelas kapan jeda berentinya, kapan gw harus merasa diburu-buru, kapan gw harus ngambil nafas dulu. 
Contoh: Misalkan penggunaan tanda koma (,).
- Burung kakak tua.
- Burung kakak, tua.
- Burung, kakak, tua.

Liat sendiri kan perbedaanya? apa jadinya klo lo pingin menuliskan tentang 'burung kakak tua' tapi yang lo tulis malah 'burung kakak, tua'??? Yang ada lo dibugilin terus diarak keliling kampung.

5. Jangan dipaksain.

Jangan dipaksain klo ga ada bahan buat ngelucu. Kasih nafas otak dan hati lo dulu. Kadang terlalu banyak ngelucu ngebuat lo jadi ga lucu. 

6. Have fun.

Intinya dari kesemuanya adalah, Lo seneng ngejalaninnya. Klo lo udah seneng/suka, pasti lo ga ada beban sama sekali buat nulis komedi. Klo lo ngerasa terpaksa mending ga usah diterusin. Sebab, lo bakal menemukan kebuntuan yang akhirnya berujung dengan pembunuhan karakter diri lo sendiri.


Gw rasa segitu aja tips dari gw. Mungkin masih banyak kekurangan. Tapi itu yang gw lakuin selama ini. Mudah-mudahan bisa membantu elo elo semua. :)

Quotes Kancut: 'The people who can make you laugh, that was a genius person'  

Enjoy your day,


KANCUT SOBEK!! 



19 comments:

  1. @bizwud: Thank you. Nih kancut rasa telor ceplok buat kamyu.

    ReplyDelete
  2. wah ... keren nih, beneran loh keren gg cuma buat komedi aja disemua genre secara general bisa diterapin.
    love your quote, kancut ^^

    ReplyDelete
  3. gue suka quote lo cut!

    ReplyDelete
  4. oke juga tipsnya, emang ga baik juga kali ya kebanyakan jokes, jadi gak lucu emang

    ReplyDelete
  5. @Fiction: Mu'uciy eea... Selamat eaa, kamyu dapet kancut alay. Nih, ambil.. Hap!

    @Irvina: Gw juga suka kok vin sama lo #eeaaa..

    @Archer: Cuman masukan aja sih bro... balik ke diri masing-masing.. :)

    ReplyDelete
  6. SUPEERR SEKALII, ini mah namanya bukan "sok ngasih", tapi emang beneran mantep tipsnya..hhaha,
    Gue paling demen ama quote 'The people who can
    make you laugh, that was a genius
    person'

    Eh, Ja, bdw, lo doyan ngunyah kaca juga ??

    ReplyDelete
  7. @OPI: Doyan banget!! Makanya eek gw bedarah tiap hari.

    ReplyDelete
  8. tipsnya udah.... bukunya cepetan!!!!! ditunggu!!!!

    ReplyDelete
  9. @Aina: Astagadragon!! Iya.. iya.. bentar lagi..

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. nulis cerita komedi itu mang gampang2 susah. kyk ngupil pake jempol kaki, bisa tapi susaaaaaaaaaaaaah >.<

    ReplyDelete
  12. nice....gue tungguin buku lo ya...kalo keluar jangan lupa bikin pengumuman di TOA mesjid.... okeh .......

    ReplyDelete
  13. @Kucing tengil: Gw ga kebayang lobang idung lo segede apa.

    @Nufri: Siap bang. Thanks supportnya :f:

    ReplyDelete
  14. wew, keren banget cut! super dah, hahaha ini sih bukan sok lagi, tapi emang udah expert. semangat ya!

    eniwei, udah nemu judul buat bukunya belum? :)

    ReplyDelete
  15. @Ageng: Makasih yaa. Nih, gw kasih kancut rasa landak goreng.

    Buat judul buku mungkin pake nama blog ini.

    ReplyDelete
  16. kalo kita nulis ketawa.. terus yg lain g ketawa.. sebenarnya mereka ketawa dalam hati... munak aja makanya bilang g mau ketawa.... haha..

    ReplyDelete
  17. Asyikk deh tips nya, thanks ya :D

    ReplyDelete
  18. Thanks bng kancut :v ( msh SMP gue) tipsnya.. dan keren jg bukunya bng.. dan ditambah hiasan gambar sempak.. good luck! :) terus brkarya bng kancut

    ReplyDelete