Pelanggan kancut

Sunday, April 10, 2011

TIPS menulis ala KANCUT SOBEK

Sebelumnya gw mau ngucapin makasih banget sama Arum yang jadi tertarik buat ikutan ngeblog karena baca-baca postingan gw. Semoga amal ibadahnya di terima disisinya (loh kok?!). Semoga makin banyak yang terhipnotis oleh kematangan diksi-diksi yang gw sampaikan di dalam blog gw ini.. (tsaelaaaah... bahasenye ga nahan!! *Nelen Beling*)

OK! Sebagai lelaki yang ngondek jantan, Gw akan menepati janji gw sama Arum waktu di postingan 'Cutcol bab 2'. Sekarang gw bakal ngasih tips langkah-langkah buat menulis. Menulis apa? Gw juga ga tau. Intinya tips buat menulis. Lah klo lo ga tau ngapain ngasih tips? biar orang-orang tambah tersesat. Kok gitu sih? jadi lo mau orang-orang pada tersesat? Mau.. Eh, ngga deh.. Mmmm.. Tapi boleh juga sih. Ko lo jadi labil gitu sih? Ya terserah gw dong!! gw yang mau nulis, kenapa lo yang ribet?!! (sory, gw emang punya kepribadian ganda).

Yaudah, sebelum kepribadian gw menjadi tiga. Berikut adalah tips-tips sederhana dari gw buat menulis dan hal-hal yang berkaitan denganya.


Pertama: GA BUTA HURUF.

Kenapa ga buta huruf? karena klo lo buta huruf, GIMANA LO BISA NULIS?!

Kedua: TEMUKAN JATI DIRI.

Maksud gw temukan jati diri disini adalah: Lo mesti nemuin ketertarikan lo tuh sama apa. Tulisan Comedy kah, Horor kah, Triller kah, Dll. Dengan lo menemukan jati diri, itu akan mempermudah arah tulisan lo nantinya.

Ketiga: MEMBACA.

Dengan banyak membaca, lo bakal banyak banget dapet referensi tulisan. Bukan berarti lo memplagiat tulisan yang lagi lo baca itu lho yaa. Lo cuman cukup mempelajari cara sang penulis membawa pembacanya ikut hanyut kedalam tulisanya. Abis itu coba lo praktekin di tulisan lo.

Keempat: MENULIS.

Mulailah menulis yang ada di dalem pikiran lo. GA USAH PIKIRIN BAGUS APA NGGAK!! pokoknya tulis aja dulu. Ga peduli mau acak-acakan kek. Ga nyambung kek. POKOKNYA TULIS DULU!!.

Kelima: MENGEDIT.

Setelah lo selesai menulis. Baru deh langkah selanjutnya lo mulai mengedit. INGAT! LO MENGEDIT SETELAH TULISAN LO UDAH BENER-BENER SELESAI. Jangan mengedit di barengi pas lo lagi menulis. Karena nantinya lo bakal nemuin kebuntuan. Ini terjadi sama gw dulu pas awal-awal gw mulai menulis.

Kelima: SIAPKAN MENTAL.

Setelah lo menulis, pastinya lo akan mempublikasikan hasil tulisan lo. Nah, klo udah gini, biasanya akan bermunculan komentar-komentar yang Negatif, ataupun Positif. Jangan minder klo lo dapet komentar Negatif, dan jangan terlalu bangga klo lo dapet komentar Positif. Jadikan semua komentar-komentar itu masukan buat lo. Ucapkan terima kasih sama yang ngasih komentar ataupun kritikan buat lo. Karena dialah nantinya lo bakal menemukan gaya penulisan lo sendiri.

Keenam: GAYA PENULISAN.

Dengan seringnya lo menulis, Suatu saat lo bakal nemuin gaya tulisan yang sesuai sama lo. Gaya penulisan yang menunjukan ciri khas lo sendiri. Gw sendiri sudah menemukan gaya penulisan gw nantinya kaya apa. Konsepnya udah ada di draft gw. Cuman gw pribadi ga mau langsung 'Breg' nunjukin perubahan didalam penulisan gw yang sekarang. Biarkanlah tulisan gw yang sekarang ini masih di bilang 'kembaran' sama seseorang di luar sana. Sampe waktunya tiba, baru deh gw akan merubah tulisan gw secara bertahap menjadi tulisan yang gw banget!!

Mungkin itu aja tips menulis dari gw. Tips diatas itu cuman intinya aja lho. Dan itu juga menurut pribadi gw sendiri. Sebenernya masih banyak lagi. Tapi kayanya terlalu panjang klo gw urai disini. Semoga bermanfaat buat lo yah Arum dan bermanfaat juga buat penulis-penulis yang lainya.

Kata-kata penyemangat: Menulislah dengan menjadi diri lo sendiri. Gak peduli tulisan lo itu mirip tulisan orang lain. Terkadang kita memang menemukan jati diri kita melekat di sosok orang lain. 

Wassalam.

3 comments: