Pelanggan kancut

Friday, September 23, 2016

Kekurangan kelebihan vaping

Tau vaping kan? Itu lho rokok elektrik. Menurut info yang gue dapet, vaping ini bisa menjadi solusi untuk perokok yang sedang berusaha untuk berhenti merokok. Dan lebih low poison ketimbang rokok analog. Stik pe'es kali ah analog...

Gue sendiri seorang perokok. Sehari gue ngerokok ga kurang dari sebungkus. Bahkan lebih. Tapi karena penasaran, jadilah gue ikutan nyobain nge-vaping. Terhitung sampai tulisan ini gue posting. Udah seminggu gue nge-vaping. Ada beberapa perbedaan yang gue rasakan setelah nyobain vaping dibanding ngerokok biasa. Dan berikut gue tuliskan kekurangan dan kelebihan vaping menurut pengalaman pribadi gue selama bebarapa hari ini nge-vaping.

Taste.

Berbeda dengan rokok biasa yang rasanya berasal dari tembakau. Rasa yang didapat dari vaping berasal dari sebuah liquid atau cairan yang berasal dari penggabungan dari cairan-cairan yang lain. Yang pasti cairan ini aman untuk di konsumsi.
Liquid yang dibuat pun banyak varian rasanya. Yang paling umum ditemuin itu biasanya rasa buah-buahan. Gue sendiri pas pertama beli starter kit vaping ini, udah include dengan liquid. Rasa anggur menjadi pilihan liquid gue waktu beli kemaren. Plis jangan kaitkan pilihan gue tersebut dengan lagu Megi Z..

Pertama kali nyoba, jujur not too bad lah dimulut. Cuma yang gue kurang suka itu after taste nya aja. Ada sedikit rasa anyep dimulut walaupun rasa anggurnya masih tetep berasa. Dan setelah beberapa saat gue menikmati vaping, mulut gue berasa kering.

Menurut temen gue yang udah lebih dulu terjun ke dunia vaping, liquid yang gue pake itu kurang bagus. Dan gue disarankan buat ganti liquid. Well, karena penasaran, akhirnya gue beli liquid baru. Lumayan agak mahal siy. 175rb isi 50mili. Ternyata bener, liquid yang baru ini lebih nyaman dimulut gue. Walaupun masih ada rasa kering dimulut, Cuma after tastenya gue suka. Kaya ada manis-manisnya gitu. Ini bukan iklan. Tapi emang beneran rasanya begitu.

Ditinjau dari banyaknya rasa. Vaping lebih unggul klo dibandingin sama rokok biasa.

Fleksibelitas.

Kalo dibandingin dengan rokok biasa yang bentuknya cuma kotak doang. Vaping bentuknya lebih beragam dan terdiri dari beberapa part. Gue ga bakal bahas partnya apa aja. Karena gue juga belum paham-paham amat.

Yang repotnya ngevaping ini, kita mesti bawa charger sebagai isi ulang powernya. Bawa liquid untuk isi ulang cairannya. Dan untuk orang yang udah pro ngevaping. Peralatannya lebih riweuh lagi. Ada koil, kapas, gunting, dll. Klo diliat sekilas, mirip ama mantri sunat keliling.

So, dilihat dari fleksibelitas. Rokok analog lebih unggul karena cuma butuh korek doang.

Aroma.

Walaupun asapnya kaya fogging nyamuk. Tapi aroma yang ditimbulkan dari vaping lumayan bikin nyaman dihidung. Nyaman disini bukan hanya untuk si pemakai vaping. Tapi lebih kelingkungan sekitar. Gue sering mendapatkan tanggapan yang bagus pas lagi ngevaping di depan orang yang bukan perokok. "Enak ya baunya. Kaya permen.", "oh, ini bau ketek saya." Timpal gue. Walaupun abis itu gue di jauhi gara-gara tanggepan gue itu.

Untuk aroma, vaping unggul lagi.

Budget.

Untuk bisa ngevaping. Budget pertamanya emang agak sedikit berasa. Gue pribadi kemaren beli starter kit nya aja 250rb + liquid yang agak bagusan 175rb. Total 425rb. Klo diliat dari pemakaian gue, kayanya satu botol liquid itu bakal abis sekitar sebulanan lebih.

Klo di konfersi dengan pemakaian rokok biasa. Gue sehari sebungkus (bahkan bisa lebih). Satu bungkus 20rb x sebulan. 600rb. Tetep vaping lebih hemat ketimbang rokok biasa.

untuk sesi budget. Dalam case gue ini. Vaping memang lebih unggul. Cuma budget ini relatif juga sih sebenernya. Makin bagus part dan liquid yang dipake. Makin besar juga budget yang dikeluarin.

Efek samping.

Perlu diketahui, selama seminggu ini gue ngevaping, gue tetap iringi dengan rokok biasa. Cuma ada sedikit perubahan pas gue ngerokok biasa. Gue jadi mual. Karena hal itu, rokok biasa jadi agak sedikit gue kurangi. Sampai saat ini, gue cuma bisa bertahan 2 batang perhari. Well, sebuah kemajuan klo gue memang ingin berhenti merokok. Cuma yang pasti budget untuk rokok gue sedikit berkurang.

***********

Entah itu ngefek atau nggak buat perokok yang pengen berenti ngerokok. Cuma yang gue rasain, nge-vaping ini bisa mengurangi kadar ketergantungan terhadap rokok biasa. Dan agak naif klo gue bilang ngevaping atau ngerokok itu ada sisi positifnya. Tetep yang positif itu ga ngerokok sama sekali.

So, buat lo yang pengen sensasi baru ngerokok, mungkin bisa nyoba ngevaping. Sukur-sukur bisa berenti ngerokok. Klo ga berenti ya mau diapain. Polusi rokok masih kalah kok sama polusi kendaraan. Sesat banget gue..

Chiao!!







2 comments:

  1. wkwkwkwk. alhamdulillah ya semoga juragan pelan-pelan bisa berhenti ngerokok.

    ReplyDelete