Pelanggan kancut

Tuesday, October 20, 2015

Kopi episode 2

Assalamualaikum

Nyambungin cerita dipostingan gue sebelumnya.

Malam itu gue ngobrol sama nenek gue. Sekedar mengenang masa lalu doi sama almarhum kakek gue. Yang menggambarkan gigihnya kakek gue yang karena satu hal, ga suka diperintah sama atasan, akhirnya memutuskan buat buka usaha (disini gue menyadari dari mana sifat pemberontak gue berasal) sampai akhirnya doi bisa dibilang sukses dan disegenin dikampung.

Diakhir sesi curhat malam itu nenek gue ngomong "kamu kan udah terjun ke wirausaha. Ga tertarik buat maen kopi? Sekedar ngidupin lagi usaha kakek kamu. Siapa tau ada jalannya disitu.". Gue terdiam.

Memang usaha gue sedang dalam keadaan colapse karena perekonomian di indonesia yang kaya eek kambing. Sebagian aset gue mulai gue jual buat menutupi biaya sehari-hari. Dan entah kenapa omongan nenek gue barusan sangat ngena banget dihati gue.

"Iya yah. Kenapa gue ga kepikiran bisnis ini ya?" Gumam gue dalem hati. "Ya dicoba dulu. Siapa tau keberuntungan kakek waktu dulu nurun ke kamu." Sambung nenek gue. Gue cuma nyengir. Belum bisa jawab.

Berkat omongan nenek gue semalem, gue kaya punya semangat baru. Gue jadi tau harus ngapain pas gue nanti balik ke jakarta. Semangat gue buat bisnis mulai bergejolak kembali. Cuma sayang gue ga bisa lama dikampung. Waktu yang tersisa cuma 2 hari lagi. Karena gue udah mesen tiket pulang ke Jakarta.

2 hari itu gue manfaatkan semaksimal mungkin. Gue mulai bertanya kepada sesepuh disana cara mengetahui kopi yang bagus dan nggak. Dan bagaimana cara mengolah kopi yang baik dan benar. Semua gue serap dalam tempo cuma 2 hari. Dan Alhamdulillah. Gak ada yang gue paham. *ngok!

Setibanya di Jakarta gue langsung berkunjung ketempat kawan-kawan gue. Sekedar mencari informasi adakah diantara mereka yang punya kenalan orang yang mahir dalam bidang kopi. Alhamdulillah ada. Dan beberapa waktu kemudian gue dikenalkan dengan doi.

Kebetulan pulang dari kampung gue bawa oleh-oleh kopi. Sebagian gue bagi ketetangga. Sebagian gue pake buat sample orang-orang yang penggila kopi. Tanggapan dari mereka yang sedikit banyak tau kopi bilang "kopinya udah ga fresh.". Gue langsung berasa ga enak dibilang gitu. Gue pengen tanggepin "memang sengaja. Soalnya itu bukan kopi. Tapi aer comberan." Cuma gue takut mata gue dicolok sedotan. Akhirnya gue cuma tertunduk lesu. "Tapi kayanya klo masih fresh kopi lo enak deh. Coba minta kirimin yang masih biji mentahnya. Lo olah sendiri. Abis itu lo cobain. Pasti beda sama yang lo bawa sekarang." Kata doi menyemangati.

Besoknya gue tlp tante gue yang dikampung. Gue minta kirimin kopi 5 kilo. "Banyak amat?! Buat apaan kamu?" Saut tante gue dikejauhan sedikit curiga. "Buat ngetes aja. Apakah serat biji kopi bisa dijadikan alternatif untuk pengganti ban dalam." Saut gue sok ilmiah. "Ai ai ai.. buyan!." Jawab tante gue pake bahasa kampung yang artinya "yeee.. bego!". "Buat belajar. Mau ngetes bikin kopi sendiri." Gue sedikit serius. "Yaudah nanti dikirimin". Gue langsung sumringah.

3 hari kemudian kopi pesenan gue dateng. Gue langsung buka bungkusnya. Kaya di iklan-iklan, pas bungkusnya gue buka langsung kaya keluar cahaya. Gue tersenyum lebar. Gue perhatikan biji-biji kopi yang celentang pasrah. Perlahan gue ambil segenggam dan gue hirup aromanya. "Ini hawa kampung gue.." ucap batin gue. Lagi dan lagi gue hirup dalam-dalam aroma kopinya. Dari jauh mungkin gue keliatan kaya orang lagi ngelem.

FYI. Masih ada beberapa tahapan lagi yang harus gue lewati sampe kopi bisa dinikmati. Ngegoreng atau bahasa kerenya roasting. Setelah itu digiling. Kemudian baru bisa dinikmati. Sungguh ter.la.lu... sekali kopi ini. But, gue masih semangat buat ngelakuin semua.

Di sequel (anjir tulisan aje pake sequel.) gue berikutnya. Gue bakal cerita tentang gimana eek nya ngegoreng kopi. So, see ya ditulisan gue berikutnya.

Pis lop en gawl. Mmmmuach..

*disambit teko*

2 comments:

  1. Slam buat agan2 semua.. sepesial nya rajasimalakama biar makin maju dan makin berkah dengan banyak share dan dapat ilmu buat kita semua.
    FUNPOKER77 merupakan Agen Poker Online, Domino, Ceme, Capsa dan Blackjack yang memberikan permainan dengan server terbaik sehingga anda lebih nyaman dalam bermain.
    Dapatkan Bonus – Bonus :
    - BONUS DEPOSIT 10% (Maksimal bonus 10rb)
    - BONUS TURN OVER 0,5% Setiap Minggunya
    - BONUS referral sebesar 10%
    - Memiliki JACKPOT puluhan hingga ratusan juta rupiah
    - Permainan 100% FAIR player vs player tanpa bot
    - Proses Deposit & Withdraw dijamin 100% cepat
    - Minimal deposit yang terjangkau yakni hanya Rp. 20.000
    - Dilayani CS yang RAMAH dan PROFESIONAL selama 24 jam
    - Dapat dimainkan di SmartPhone : IOS & Android
    Ayo segera bergabung dengan kami di FUNPOKER77
    daftar dan rasakan main di funpoker77 http://goo.gl/xYO7Sa

    ReplyDelete
  2. Bagus bukunya bng kancut..! Nice :) (terkesan) terus brkarya bng :) ngakak guling2 gue baca bukunya :v

    ReplyDelete